Singkronkan Kegiatan 2020 dengan para Calon Kades

Monitoring oleh TA-P Wahyudi dan PD Kec Mat Nazar, SE

Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes-P) untuk tahun 2019 sudah dimulai sejak bulan Oktober ini serta Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun 2020 seharusnya selesai bulan ini, ini harus dikejar secepatnya himbau Tenaga Ahli Pemberdayaan Kabupaten Natuna Wahyudi.

“RKPDes untuk tahun 2020 dan APBDes Perubahan harus secepatnya pak Sekdes” himbaunya.

Himbauan ini beliau sampaikan di Ruang Tamu Kantor Desa Cemaga bersama Pendamping Desa Kecamatan Bunguran Selatan Mat Nazar, SE dalam kegiatan Monitoring tentang Pembangunan Non Fisik, 22-10-2020.

Kegiatan di tahun 2020 nantinya harus di Sosialisasi kan kepada Calon Kades agar tidak keliru dan juga adanya singkron kades terpilih dengan kegiatan yang ada di tahun 2020 nantinya.

“pak Sekdes harus mengumpulkan Para Calon kades ini, agar kades terpilih nantinya tidak bimbang dengan kegiatan 2020” tambahnya lagi.

Penjelasan Sekdes Cemaga berkaitan dengan Tahapan RKPDes dan APBDes-P sudah hampir Rampung, dan kamipun berkemungkinan akan membahas ini dengan BPD sebelum di Musyawarahkan (musdes),

“Rencana Kami pada Pagi Jumat besok ke Kantor BPD untuk koreksi bersama untuk APBDes-P, dan pada Jum’at Depan akan Koreksi RKPDes”  beber Sekdes Cemaga Herwanto.

Setelah melakukan Koreksi bersama dengan BPD dan mendapatkan kesepahaman nantinya BPD akan menjadwalkan waktu dan tempat Musdes berlangsung, karena ini sudah Ranahnya BPD, pemdes Cuma mempasilitasi nya saja.

“setelah koreksi selesai dan mendapatkan kesepahaman maka BPD yang menjadwalkan kapan Musdes akan dilaksanakan, ya kita Cuma mempasilitasi saja” tambah sekdes lagi.

Musyawarah Desa (musdes) penetapan APBDes-P dan juga RKPDes agar memberi informasi kepada TA Pemberdayaan, PD, PLD,  tidak perlu undangan resmi, kami siap datang apabila ada pemberitahuan tentang kegiatan desa.

“untuk musdes nanti pak sekdes agar memberi informasi kepada kami, cukup SMS kami siap hadir” harap Mat Nazar, SE

Penulis : HERWANTO

@KimPulauAkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *