Pemerintah Desa Cemaga menyalurkan Bibit Jahe ke Kelompok Tani Jahe

Warga Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna yang mempunyai Kelompok Tani Jehe, untuk meningkatkan tarap Ekonomi Keluarga Warga Desa Cemaga. Sekitar 8 Kelompok Tani Jahe yang akan mengadopsi 2.000 bibit jahe yang di semai dalam Polibek dan sudah siap ditanam oleh Petani.

Sosialisasi Cara Perwatan dan Penanaman Jahe disampaikan oleh Pendamping Penyuluh Pertanian Khusus Bunguran Selatan yang terdiri dari Ibu-Ibu Rumah Tangga

Penyaluran Bibit kepada Kelompok Tani yang terdiri dari Ibu-ibu Rumah tangga dilakukan dengan musyawarah serta langsung Kelompok Tani mendapat Ilmu tentang Tata Cara menanam Jahe, di gedung Perpustakaan Desa Cemaga disaksikan oleh Sekretaris BPD, Pendamping Desa, Pj, Kades, serta unsur Perangkat Desa, dan secara simbolis diserahkan bibit tersebut kepada Ketua Kelompok. Jum’at, 09/08/2019.

Pendamping Desa Mat Nazar berkesempatan menyampaikan bahwa Penggunaan Dana Desa untuk Kegiatan ini agar selalu di bina oleh Pemerintah Desa, walaupun sudah diserahterimakan bibit kepada Kelompok, Pemdes cemaga tidak luput ikut bertanggungjawab atas keerhasilan Jahe ini.

“bantuan bibit jahe dari desa mnggunakan Dana Desa. setelah serahtrima kpd kelompok jangan desa menganggab sudah selesai tanggung jawab desa, tapi sebaliknya desa harus menjalankan pengawasan dan bimbingan agar bantuan bibit jahe ini betul-betul berhasil dan mnjadi contoh” papar Mat Nazar.

Kasi Kesejahteraan Desa Cemaga Tomi Yanto juga mengatakan bahwa Bibit Jahe ini adalah Jahe Gajah, sekitar 2.000 Bibit disiapkan untuk Kelompok, dan sampai saat ini yang mengusulkan hanya 8 Kelompok dengan jumlah anggota 88 Orang, yang semuanya adalah Ibu-ibu Rumah tangga.

“Jahe Gajah ini akan disalurkan ke 8 Kelompok Tani Desa Cemaga yang kesemuanya adalah Ibu-ibu Rumah Tangga, dengan jumlah anggota seluruhnya 88 orang, persiapan untuk Bibit Jahe sebanyak 2.000 bibit sudah dipolibek dan siap ditanam oleh Kelompok/anggota, ” ungkap Tomi.

“Sesuai dengan usulan yang dibuat oleh Kelompok serta program yang akan menambah penghasilan Rumah tangga, Ibu-ibu ini akan menanam Bibit tersebut di sekitaran Rumahnya, itu untuk memudahkan mereka dalam segi perawatannya”, tambah Tomi selaku Pelaksana Kegiatan di Pemdes Cemaga.

Pj. Kades Abdul Halim,A.Ma.Pd juga mengharapkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Bantuan Bibit Jahe ini, dan harus dimanfaatkan dan bisa panen perdana setelah 6 bulan kedepan.

‘Bibit yg telah disalurkan untuk dapat dirawat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.dan jangan sampai jahe yg telah salurkan tidak dimanpaatkan oleh kelompok penerima dan harapan 6 bulan kedepan kita sudah panen perdana” harap beliau.

Serah Terima Bibit Jahe Gajah Kepada Kelompok Tani

Kelompok ini juga sudah dikuatkan dengan Sosialisasi tata cara penanaman dan Perawatan Bibit Jahe oleh Pendamping Penyuluh Pertanian Bunguran Selatan sebelum di Serahkan kepada kelompok.

“Pagi ini juga disosialisasi cara perwatan dan penanaman jahe disampaikan oleh pendamping penyuluh pertanian khusus bunguran selatan kepada Kelompok Tani Jahe, semoga saja para petani jahe kita bisa dan berhasil” tambah Pj. Kades.

Penyerahan Bibit Jahe tersebut secara simbolis kepada kelompok tani Jahe, ikut dalam penyerahan tersebut oleh Pj. Kades, Sekretaris BPD, Pendamping Desa, Pendamping Penyuluh Pertanian, Kasi Kesejahteraan Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *